Mahasiswa baru UB Malang digembleng kode etik akademik

Rabu, 29 Agustus 2012 17:58 WIB | 2721 Views

Maksud dan tujuan adanya pemberlakuan kode etik akademik ini semata-mata untuk menciptakan iklim kampus yang kondusdif, baik antarmahasiswa, dosen maupun karyawan lainnya,"
Berita Terkait
Malang (ANTARA News) - Sebanyak 7.500 mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, digembleng masalah kode etik akademik yang berkaitan dengan perilaku serta hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh pendidikan tinggi di kampus tersebut.

Guru Besar UB Prof Dr Hendrawan di Malang, Rabu menuturkan, kode etik akademik yang wajib dilaksanakan mahasiswa baru itu sudah tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor Tahun 2012.

"Kode etik akademik ini memang hal baru bagi mahasiswa. Maksud dan tujuan adanya pemberlakuan kode etik akademik ini semata-mata untuk menciptakan iklim kampus yang kondusdif, baik antarmahasiswa, dosen maupun karyawan lainnya," katanya ketika memberikan materi dihadapan ribuan mahasiswa di gedung Samantha Krida kampus setempat.

Standar perilaku yang diterapkan dalam kode etik akademik itu meliputi perilaku mahasiswa pada saat menghadapi ujian, ketika berada di kampus, ruang kuliah, mengerjakan tugas, bahkan memberikan gratifikasi kepada dosen.

Sementara Pembantu Rektor (PR) I UB Prof Dr bambang Suharto mengatakan, mahasiswa wajib memahami dan mencermati buku pedoman akademik tahun 2012-2013, sebab buku pedoman bagi mahasiswa baru tersebut setiap tahunnya selalu berubah (tidak sama).

"Banyak informasi penting yang wajib dipahami oleh mahasiswa, di antaranya masalah SPP progresif yang belum banyak dipahami termasuk oleh mahasiswa lama serta cuti akademik. Karena tidak memahami isi buku pedoman itu, akhirnya mereka melakukan unjuk rasa, padahal semua sudah dijelaskan dan diatur dalam buku pedoman tersebut," tandasnya.

Pada tahun akademik 2012-2013, UB menerima sebanyak 15.000 mahasiswa baru atau mengalami kenaikan sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya yang kurang dari 14 ribu dan tersebar di berbagai program studi.

(E009/C004)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawat

Remaja ini selamat walau terbang 5 jam di roda pesawatSeorang remaja pria tiba dengan selamat dalam penerbangan dari California ke Hawaii kendati dia menumpangi tempat roda ...

Tiga warga Pasaman diduga tewas tertimbun longsor

Tiga warga Pasaman diduga tewas tertimbun longsorTiga orang diduga tewas akibat tertimbun tanah longsor di Bukit Panjuik Kampung Landai, Jorong Ladang Panjang, Tigo ...

Oesman Sapta diperkirakan lolos sebagai anggota DPD

Oesman Sapta diperkirakan lolos sebagai anggota DPDNama baru akan mendominasi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah RI dari Provinsi Kalimantan Barat periode 2014 - ...