Pekanbaru (ANTARA News) - Para atlet cabang olahraga dayung asal Jawa Tengah siap bertanding di arena Pekan Olahraga Nasional meski harus mengenakan masker guna menghindari infeksi saluran pernafasan akut akibat kabut asap yang hingga kini masih menyelimuti Riau.

"Siap-siap saja kalau bertanding disuruh pakai masker," kata Endro, salah satu atlet cabang olahraga dayung Jateng di Pekanbaru, Rabu.

Endro bersama sejumlah atlet dayung lainnya telah tiba di Pekanbaru, Selasa (4/9), dan akan langsung menuju arena pertandingan yakni Kabupaten Kuantansingingi, Riau.

Menanggapi situasi kabut asap yang terus menyelimuti Riau sejak beberapa hari terakhir, Endro mengaku cukup khawatir.

Namun dirinya mengaku selalu siap untuk bertanding meski dalam kondisi apapun. "Termasuk adanya kabut asap ini. Saya siap-siap saja bertanding untuk menang," katanya.

Kontingen Jateng khusus cabang olahraga dayung yang berjumlah sekitar 19 orang, terdiri dari atlet, ofisial dan pelatih itu setibanyak di Pekanbaru mengaku sempat menginap satu malam di Pekanbaru sebelum akhirnya berangkat menuju arena pertandingan, yakni Kabupaten Kuantansingingi.

Sebelumnya, kontingen cabang olahraga yang sama namun asal Yogyakarta juga telah tiba di Pekanbaru.

Hendro Kusumo, selaku Sekertaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Yogyakarta, mengatakan, kontingen khusus cabang olahraga dayung telah tiba di Pekanbaru untuk berbagai keperluan termasuk administrasi sebelum pertandingan dimulai.

Dia mengatakan, ada sekitar 12 orang yang telah sampai di Pekanbaru, selain atlet juga ofisial ada sebanyak empat orang.

Setelah istirahat satu malam, demikian Hendro, kontingen akan langsung berangkat menuju arena pertandingan, yakni di Kabupaten Kuantansingingi.

"Sampai di sana kami akan langsung memantau arena pertandingan dan latihan guna persiapan atlet saat pertandingan dimulai nanti," katanya.

(KR-FZR/F002)