Rabu, 22 Oktober 2014

Warga sekitar tolak TPA Leuwisisir, Karawang

| 2.346 Views
id tempat pengolahan sampah akhir, warga sekitar menolak, tpa leuwisisir
...berdampak terhadap pencemaran lingkungan dan juga dikhawatirkan mengganggu kesehatan warga."
Karawang (ANTARA News) - Sejumlah warga yang tinggal di sekitar calon tempat pembuangan akhir sampah Leuwisisir Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tidak setuju terhadap keberadaan tempat pembuangan akhir sampah di daerahnya karena dikhawatirkan akan terjadi pencemaran lingkungan.

"Warga khawatir jika di daerahnya dibangun sebuah TPA (tempat pembuangan akhir) sampah akan berdampak terhadap pencemaran lingkungan dan juga dikhawatirkan mengganggu kesehatan warga," kata Saepullah, salah seorang warga Desa Mekarmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, di Karawang, Senin.

Dikatakannya, warga yang menolak rencana TPA Leuwisisir di Desa Mekarmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, itu sudah menyampaikan surat keberatan ke pemerintah daerah setempat.

Salah satu isi surat tersebut ialah meminta Pemkab Karawang mengkaji ulang terkait rencana pengaktifan TPA Leuwisisir.

Menurut dia, walaupun pengelolaan sampah di TPA Leuwisisir tersebut nantinya dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih, warga tetap tidak setuju. Sebab berbagai dampak negatif dari keberadaan TPA sampah itu akan mengganggu warga setempat.

Seorang aktivis lokal Karawang, Gufroni, mengatakan, pemerintah daerah seharusnya lebih intensif melakukan sosialisasi rencana pengaktifan TPA sampah Leuwisisir.

Hal itu perlu agar masyarakat setempat mengetahui bagaimana sebenarnya TPA sampah Leuwisisir tersebut, termasuk diantaranya menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan teknologi yang akan dilakukan dalam pengelolaan sampah di TPA Leuwisisir.

"Kalau sekarang ada penolakan, kemungkinan itu terjadi akibat kurang matangnya sosialisasi kepada masyarakat setempat," kata dia.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Cipta Karya setempat, Basuki Rahmat, sebelumnya mengaku pihaknya mengoptimalkan koordinasi kepada warga yang tinggal di sekitar calon tempat pembuangan akhir sampah Leuwisisir, menjelang pengaktifan tempat pembuangan akhir sampah tersebut.

"Kami terus berkoordinasi kepada warga Desa Mekarmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, agar warga di daerah itu bersedia sejumlah lahan di desanya, tepatnya di sekitar Leuwisisir, menjadi TPA sampah," kata dia.

Dikatakannya, pengaktifan TPA sampah Leuwisisir itu sudah dipersiapkan sejak lama. Karena itu pada tahun ini pihaknya meminta Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat membangun jalan menuju lokasi TPA tersebut. Sebab kini kondisi beberapa kilometer jalannya mengalami kerusakan.

Untuk teknis kesiapan secara fisik, termasuk urusan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) sudah siap. Begitu juga dengan sarana dan prasarananya, saat masih dalam proses persiapan.

Saat ini, kata dia, pihaknya terus berkoordinasi kepada warga setempat, termasuk melakukan sosialisasi terkait pengaktifan TPA sampah Leuwisisir tersebut.

"Mudah-mudahan rencana tahun 2013 mengaktifkan TPA sampah Leuwisisir bisa tercapai, karena kondisi TPA Jalung saat ini sudah tidak memungkinkan untuk terus dijadikan satu-satunya TPA di Karawang," kata dia.(MAK)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca