Minggu, 21 Desember 2014

Pihak Perumnas segera temui Jokowi untuk bahas rusun

| 3.001 Views
id pelantikan gubernur DKI, pelantikan joko wi, gubernur baru dki, perum perumnas, rumah susun
Pihak Perumnas segera temui Jokowi untuk bahas rusun
Ilustrasi pembangunan rumah susun sederhana sewa. (FOTO ANTARA/Arief Priyono)
...kita siap untuk melakukan pertemuan dengan Pemda DKI Jakarta...
Jakarta (ANTARA News) - Pihak Perum Perumnas (Persero) akan segera bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk membahas kerja sama pembangunan rumah susun di DKI dalam rangka membenahi kawasan kumuh di wilayah ibu kota.

"Dalam 1-2 minggu ke depan, kita siap untuk melakukan pertemuan dengan Pemda DKI Jakarta, agar dapat mempercepat realisasi kerja sama," kata Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto, usai menerima kunjungan Menteri BUMN Dahlan Iskan, di Gedung Perumnas, Jakarta, Selasa.

Himawan berharap saat bermitra dengan Pemda DKI tidak ada kendala yang dihadapi, mengingat selama ini Perumnas juga sudah pernah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo saat dipimpin oleh Joko Widodo, untuk membangun rumah bagi PNS.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan kajian mendalam untuk membantu Pemda DKI membangun rumah susun, termasuk di wilayah yang dilalui jalur kereta rel listrik.

Rencana kerja sama itu juga akan dibahas terlebih dahulu dalam Rakornas Perum Perumnas pekan depan.

"Selain membangun wilayah kumuh, juga menjadi salah satu solusi kemacetan lalu lintas," ujarnya.

Mekanisme kerja sama bisa dilakukan dengan pola penyediaan lahan oleh Pemda DKI, kemudian untuk pembangunannya akan digarap oleh Perum Perumnas.

Rumah susun yang dibangun bisa berbentuk rumah susun sederhana milik (rusunami), rumah susun sederhana sewa (rusunawa), maupun apartemen.

Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, banyak yang bisa dikerjasamakan antara BUMN dengan Pemda DKI selain rumah susun dengan Perumnas,  seperti pembangunan infrastruktur jalan ton dengan BUMN Karya.

Menurut Dahlan, salah satu yang paling siap direalisasikan adalah pembangunan rumah susun bekerja sama dengan Perum Perumnas.

"Perumnas memiliki pengalaman membangun rumah untuk rakyat. Tinggal dicarikan saja lokasi yang siap dikembangkan," ujar Dahlan.

(R017/Y008)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga