Cirebon (ANTARA News) - Ribuan orang datang dari berbagai daerah untuk merayakan Maulid Nabi Muhamad SAW di Benda Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Jawa Barat, sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

"Ribuan orang datang setiap perayaan Maulid Nabi Muhamad SAW untuk berdo`a disejumlah pondok pesantren tradisional yang terletak di Benda Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Jawa Barat," kata Ustad Imron salah seorang tokoh agama setempat kepada wartawan di Cierbon, Minggu.

Ia menambahkan, peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di Benda sudah berlangsung ratusan tahun hingga sekarang masih tetap dilestarikan. Masyarakat yang datang berasal dari Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan ada luar provinsi seperti Kalimantan, Bali, Sulawesi sengaja pulang kampung untuk merayakan Maulid tersebut.

Anwar, asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, kepada wartawan menuturkan, sengaja datang untuk berkumpul dan berdo`a pada perayaan Maulid Nabi Muhamad SAW, selain itu bisa bersilaturahmi dengan teman satu pondok.

Yogi, pengunjung asal Kabupaten Bandung , mengaku sengaja datang setiap tahun untuk mengikuti do`a bersama di pesantern tradisional Benda, setelah acara tersebut langsung menuju keraton Kasepuhan mengikuti ritual "Panjang Jimat" yang rencananya akan digelar malam nanti.
(ANT)