Jakarta (ANTARA News) - Dian Sastrowardoyo mengaku telah melakukan berbagai persiapan menjelang keberangkatannya mewakili Indonesia di Festival Film Cannes 2012, di Cannes, Perancis.

"Sejak diberitahu mau dikirim ke Cannes, saya terus perawatan diri. Merawat wajah, kulit, biar percaya diri," kata Dian dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Dian, sebagai Brand Ambassador produk kosmetik L'Oreal Paris, akan berada di Festival Film Cannes mulai 25 Mei 2012 dan akan berpartisipasi di red carpet pada 27 Mei 2012, bersanding bersama para bintang yang mewakili ikon-ikon kecantikan dari seluruh dunia, seperti Gwen Stefanie, Freida Pinto, Gong Li, Eva Longoria, Jane Fonda, Aishwarya Rai, dan lainnya.

Selain itu, ia akan melakukan serangkaian wawancara dan sesi pemotretan serta pesta cocktail bersama artis-artis papan atas dunia. Oleh karena itu, Dian mengaku tidak hanya melakukan persiapan fisik tetapi juga perlu menambah wawasannya terutama tentang Indonesia.

"Untuk persiapan wawancara, saya kan membawa bendera wanita Indonesia itu berharga, maka saya harus percaya diri. Saya mencoba lebih mengenal diri, nyaman dengan diri saya, dan memprediksi hal-hal apa yang akan ditanya," jelas Dian.

Menurut Dian, ia dan timnya bahkan telah merumuskan jawaban-jawaban dari prediksi pertanyaan yang telah mereka daftar. Ia juga menambah wawasan dengan membaca koran, majalah, menambah wawasan tentang kesetaraan perempuan di Indonesia, kemiskinan, serta memperbaiki kemampuan dalam berbahasa Inggris.

"Kaya mau cerdas cermat gitu karena saya harus siap kalau mereka tanya-tanya soal Indonesia," tambahnya.

Untuk menonjolkan kecantikan khas Indonesia, selama berada di Cannes, Dian akan dibalut dengan gaun rancangan tiga desainer ternama Indonesia, yaitu Sebastian Gunawan untuk baju saat wawancara dengan sentuhan selendang bahan tenun Bali, Eddy Betty untuk baju saat red carpet berwarna jingga, dan Didit Hediprasetyo untuk baju saat pesta cocktail dengan sentuhan bahan songket.

Tidak hanya itu, Dian akan dipercantik dengan riasan khusus oleh Make-Up Artist kelas dunia, Billy B, yang sering mendandani banyak artis papan atas seperti Lady Gaga, Mariah Carey, Beyonce, dan lainnya. Begitu pula rambut Dian akan ditata oleh hairdresser ternama, John Nollet, yang kerap dilibatkan sejumlah ajang prestisius seperti Oscar, Golden Globe, dan Cannes.
(M047)