Kamis, 2 Oktober 2014

Awas .. insomnia memicu hipertensi

Kamis, 7 Juni 2012 10:52 WIB | 1.173 Views
Awas .. insomnia memicu hipertensi
Ilustrasi Darah Tinggi (grafis)
...hipertensi lebih berpeluang terjadi kepada para penderita insomnia daripada orang yang tidak punya kesulitan tidur pada malam hari.
Jakarta (ANTARA News) - Jika Anda mengalami kesulitan tidur pada malam hari, mungkin ada baiknya Anda waspadai tekanan darah yang lebih berpeluang untuk meningkat, demikian kata para peneliti di the Henry Ford Center for Sleep Disorders.

Berdasarkan penelitian, hipertensi lebih berpeluang terjadi kepada para penderita insomnia daripada orang yang tidak punya kesulitan tidur pada malam hari.

"Penyebab darah tinggi pada orang yang insomnia adalah seringnya orang itu terbangun malam dan durasi transisi antara terjaga dan terlelap," kata Christopher Drake, salah satu peneliti.

Insomnia adalah kondisi di mana seseorang tidak bisa tidur atau tidak bisa tidur tanpa jeda terbangun. Keluhan insomnia ini dialami oleh banyak orang di Amerika.

Sekitar 30-40 persen orang dewasa di Amerika mengaku mengalami ciri-ciri insomnia, sementara 10-15 persen dari orang dewasa Amerika mengalami insomnia kronis.

Dalam penelitian ini, para peneliti mencermati 5.314 responden penderita insomnia dan dibandingkan dengan orang tanpa keluhan pola tidur.

Jajak pendapat disampaikan lewat internet dan mencari tahu gejala-gejala insomnia, kebiasaan tidur, dan tekanan darah, demikian dikutip Eurekalert.com.
(E012)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga