Padang (ANTARA News) - Pujol Munoz Oscar menjuarai kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2012 setelah mampu menyelesaikan semua etape yang berakhir di Kota Padang, Minggu.

Pebalap Azad University Team Iran itu sukses mengalahkan 141 pebalap lainnya dari 25 tim yang turun di kejuaraan yang telah digelar keempat kalinya ini dengan catatan waktu 21.24.21.

Meski baru pertama kali turun di kejuaraan yang diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, pebalap asal Spanyol itu terlihat cukup dominan mulai etape tiga. Setelah itu pebalap dengan nomor start 2 ini terus memimpin alias tetap menggunakan yellow jersey.

Dengan kemenangan ini maka Azad University Team mengulangi hasil Tour de Singkarak 2011, meski beda pebalap. Tahun 2011 lalu tim asal Iran ini menjadi juara melalui Amir Zargari.

"Ini adalah akhir yang bagus. Semua anggota tim bekerja dengan bagus sehingga mampu mendapatkan hasil terbaik," kata Pujol Munoz Oscar usai menyelesaikan etape terakhir Tour de Singkarak 2012 yang finis didepan Kantor Gubernur Sumatra Barat.

Pebalap asal Spanyol itu mengaku, secara umum pelaksanaan Tour de Singkarak 2012 cukup bagus. Bahkan pria berusia 28 mengaku sangat menikmati semua lintasan yang dilalui termasuk sambutan dari masyarakat Sumatra Barat.

Dengan hasil yang diraih, Pujol Munoz Oscar juga punya niatan kembali bertanding di Indonesia jika ada kesempatan dan sangat mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan yang juga mengedepankan pariwisata di Sumatra Barat.

Selain merebut predikat juara perorangan (Yellow Jersey), Pujol Munoz Oscar juga dinobatkan sebagai raja tanjakan (Polkadot Jersey) setelah mampu mengumpulkan poin tertinggi yaitu 41 poin.

Pebalap dengan nomor start 2 juga mampu menyabet predikat raja sprint (Green Jersey) setelah mampu mengumpulkan poin tertinggi, yaitu 49 poin. Dengan demikian, Pujol mampu merebut prestasi bergengsi di Tour de Singkarak 2012.

Untuk kategori nasional, pebalap Putra Perjuangan Bandung, Dadi Suryadi, dinobatkan sebagai yang terbaik nasional (Red & White Jersey). Putra Perjuangan juga dinobatkan sebagai tim terbaik setelah mengumpulkan waktu 64.24.52.

Tour de Singkarak 2012 resmi ditutup oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Mallarangeng, yang didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Sapta Nirwandar, dan pejabat pemerintah provinsi Sumatra Barat. (*)