Minggu, 21 Desember 2014

Islam larang aksi bakar diri

| 4.041 Views
id Hasyim muzadi, bakar diri, Serikat Tani Riau, Hutan Tanaman Industri
Islam larang aksi bakar diri
Hasyim Muzadi. (ANTARA)
"Manusia dikasih akal untuk menyelesaikan masalah."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 1999-2004, KH Hasyim Muzadi, mengatakan bahwa aksi bakar diri yang dilakukan untuk memuluskan satu tujuan tertentu dilaranga dalam agama Islam.

"Untuk tujuan apapun, aksi bakar diri tidak dibenarkan. Manusia dikasih akal untuk menyelesaikan masalah dan bukan lari dari masalah dengan melakukan aksi anarkis, seperti bakar diri," kata Hasyim di Jakarta, Minggu, menanggapi rencana kelompok Serikat Tani Riau (STR) yang berniat melakukan aksi bakar diri di Jakarta untuk memprotes pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Pulau Padang.

Hasyim, yang juga Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS), menilai bahwa aksi bakar diri juga tidak pantas dilakukan oleh orang-orang yang mengaku beragama.

"Aksi anarkis seperti itu tidak akan pernah menyelesaikan kasus apapun. Apalagi, aksi menyakiti diri sendiri. Itu tidak pantas," Kata Hasyim.

Menurut Ketua APHI bidang Hutan Tanaman Industri (HTI), Nana Suparna, pemerintah harus tegas menyetop aksi anarkis kelompok demonstran yang memaksa untuk menghentikan kegiatan operasional satu HTI.

"Sikap gamang pemerintah telah mengakibatkan demonstran semakin marak dan anarkis. Ancaman demo dengan aksi bakar diri telah melahirkan kelompok radikal yang tidak menghargai hukum dan bertindak arogan. Mereka seolah-olah yang paling benar," kata Nana.

Jika tidak puas dengan kebijakan pemerintah, katanya, kelompok yang mengatasnamakan masyarakat bisa melakukan berbagai pendekatan dan melalui proses hukum.

Dia juga menegaskan, banyak persoalan terkait konflik lahan yang bisa diselesaikan secara hukum. Pemaksaan kehendak dengan melakukan tindakan anarkis tidak akan pernah menyelesaikan masalah, katanya.

Nana juga meminta pemerintah bersikap tegas terhadap aksi-aksi yang kemungkinan besar ditunggangi kelompok tertentu, karena jika dibiarkan akan berdampak buruk terhadap investasi sektor kehutanan yang saat ini tengah bangkit.
(T.A027/R010)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga