Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ikut mengembangkan alat penerjemah suara yang disebut "VoiceTra4U-M".

"Aplikasi ini merupakan mesin penerjemah suara atau wicara-ke-wicara," kata Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT, Hammam Riza, pada acara Peluncuran ICT Outlook dan Kreasi Inovasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, aplikasi itu akan memudahkan orang di dunia saling berkomunikasi tanpa halangan penguasaan bahasa asing.

"Aplikasi ini memungkinkan lima orang untuk berkomunikasi secara simultan dalam 23 bahasa yang berbeda-beda," katanya serta menambahkan aplikasi itu ditargetkan sudah bisa dinikmati masyarakat Indonesia awal tahun 2013.

Ia menjelakan pula bahwa aplikasi tersebut merupakan hasil kerja sama riset internasional Universal Speech Translation Advanced Research Consortium (U-STAR) yang beranggotakan 26 lembaga dari 23 negara, termasuk BPPT.

Dia menambahkan, seluruh anggota U-STAR bekerjasama mengembangkan sistem penerjemah wicara multi-bahasa untuk menyediakan layanan penerjemah melalui aplikasi yang telah dirilis untuk umum.

"Peluncuran sementara pada 24 Juni lalu dirilis untuk iPhone tapi pada awal 2013 ditargetkan semakin luas," katanya.

(W004)