Minggu, 26 Oktober 2014

Rupiah Jumat pagi menguat tipis

| 1.927 Views
id rupiah, nilai tukar rupiah, transaksi antarbank, rupiah menguat, rupiah terhadap dolar as
Rupiah Jumat pagi menguat tipis
Ilusstrasi. (FOTO.ANTARA News/ ferly)
Hasil pertemuan pemimpin UE mungkin cukup positif sehingga mengangkat sentimen pasar di Asia ...
Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Jumat pagi bergerak menguat tipis sebanyak tujuh poin seiring munculnya sentimen positif dari hasil pertemuan pemimpin Uni Eropa dalam membahas krisis utang.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta pagi ini bergerak menguat tujuh poin menjadi Rp9.460 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.467 per dolar AS.

"Hasil pertemuan pemimpin UE mungkin cukup positif sehingga mengangkat sentimen pasar di Asia pada hari ini," kata analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih hari ini di Jakarta.

Ia menambahkan, pertemuan pemimpin UE di Brussels dua hari, 28-29 Juni dikabarkan menyetujui rencana untuk mendorong pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja senilai 110 miliar euro (149 miliar dolar AS), meski lebih rendah dibandingkan rencana semula sebesar 130 miliar euro.

Selain itu, lanjut dia, pemimpin UE juga menyepakati untuk memberikan tambahan modal sebesar 10 miliar euro untuk European Investment Bank.

"Kesepakatan itu positif dan bisa mengurangi perbedaan pendapat antara Perancis dan sebagian negara UE lainnya dengan Jerman yang ketat dengan aturan disiplin fiskal sebagai solusi krisis utang di negara kawasan Eropa," katanya.

Ia memperkirakan, rupiah mempunyai peluang penguatan di kisaran Rp9.460 hingga Rp9.500 per dolar AS dengan kemungkinan adanya intervensi dari Bank Indonesia (BI) juga di akhir pekan.

(KR-ZMF) 

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga