Sabtu, 25 Oktober 2014

Rupiah akhir pekan menguat ke posisi Rp9.395

| 722 Views
id nilai tukar rupiah, mata uang indonesia, mata uang rupiah
Rupiah akhir pekan menguat ke posisi Rp9.395
Mata Uang Rupiah. (Istimewa)
Jelang pertemuan pemimpin Eropa, BI cukup agresif mengintervensi mata uang domestik terhadap dolar AS
Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terhadap dolar AS pada akhir pekan bergerak menguat ke posisi Rp9.395 dipicu dari kabar positif terhadap pertemuan pemimpin negara kawasan Euro.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Jumat sore bergerak menguat 72 poin menjadi Rp9.395 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.467 per dolar AS.

"Pertemuan pemimpin negara-negara Euro menyepakati pemberian dana kepada Bank Sentral Eropa (ECB) senilai 120 miliar euro untuk menopang ekonomi di kawasan itu," ujar Managing Research Indosurya Asset Management Reza Priyambada di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan, kabar itu dinilai positif oleh pelaku pasar sehingga memicu penguatan nilai tukar berisiko seperti rupiah terhadap dolar AS.

Meski demikian, lanjut dia, sebagian pelaku pasar masih mengambil posisi "wait and see", ada beberapa agenda lanjutan yang masih dibahas dalam menangani krisis utang di negara-negara Euro.

"Pertemuan itu belum final, sebagian pelaku pasar masih `wait and see`, pasar mengharapkan ada sesuatu yang lebih positif pada pertemuan hari ke dua di akhir pekan ini," ujarnya.

Selain sentimen dari Eropa, dikatakan dia, penguatan rupiah juga diintervensi oleh Bank Indonesia (BI) meski tidak terlalu kuat.

"Jelang pertemuan pemimpin Eropa, BI cukup agresif mengintervensi mata uang domestik terhadap dolar AS, setelah kabar positif datang dari Eropa diperkirakan BI sedikit menurunkan aktifitasnya di pasar spot," katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada, Jumat (29/6) tercatat mata uang rupiah belum bergerak harganya atau stagnan di posisi Rp9.480 per dolar AS.
(ZMF/R010)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga