Rabu, 22 Oktober 2014

IBI Darmajaya pendamping Korea IT Volunteer

| 4.678 Views
id ibi darmajaya, korea it volunteer, International Telecommunication Union, National Information Society Agency Korea.
...KIV ini dapat meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang pendidikan khususnya perkembangan teknologi informasi.
Bandarlampung (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika memilih Informatics and Business Institute Darmajaya Lampung sebagai satu-satunya kampus di Sumatera yang mendampingi para mahasiswa tergabung dalam Korea IT Volunteer selama satu bulan penuh, 9 Juli hingga 3 Agustus 2012.

Staf Direktorat Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Prasetya, di Bandarlampung, Selasa, menjelaskan bahwa Korea IT Volunteer (KIV) merupakan program "International Telecommunication Union" (ITU) dan "National Information Society Agency" (NIA) Korea.

"Peserta KIV yang berkunjung ke Indonesia kali ini adalah puluhan mahasiswa Korea dari beragam latar belakang keilmuan, seperti IT, sastra, komunikasi, sosial, dan lainnya," kata dia.

Mahasiswa tersebut akan menetap selama satu hingga dua bulan di Indonesia, dengan jumlah mahasiswa 40 orang yang terbagi dalam 10 tim, dengan satu tim terdiri dari empat orang yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Ia menyebutkan, untuk Pulau Jawa, para mahasiswa itu berada di Jawa Barat dan Banten, di antaranya Bogor, Cianjur, Bandung, Sukabumi, Garut, Serang, serta Jakarta, sedangkan Sumatera yakni Lampung.

"Di Sumatera, mereka hanya berkunjung ke Lampung dan mendapat pendampingan dari IBI Darmajaya, karena merupakan kampus IT sehingga sangat cocok dengan jurusan kuliah mahasiswa yang tergabung dalam KIV tersebut," ujar dia lagi.

Selain itu, perkembangan pendidikan IT di IBI Darmajaya juga semakin meningkat, kata Prasetya.

Dia mengatakan, tim KIV yang terdiri dari empat orang tersebut berasal dari Korea, di antaranya Sun Kyu Kim dari Ajou University Jurusan E-Business, Ji Min Kim dari Sungshin Women`s University Jurusan IT, Yu Young Cho dari Sungkonghoel University Jurusan Sastra Inggris, dan Ju Sang Jung dari Ajou University Jurusan Teknik Komputer.

Selama sebulan, mereka akan mencoba berasimilasi dengan kebudayaan setempat, mengunjungi sekolah-sekolah dan warung internet desa dengan pendampingan dari kampus IBI Darmajaya, pengelola wardes dan juga dari relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) setempat, kata dia.

Selain itu, mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman mengenai perkembangan teknologi informasi di Korea dan Indonesia dengan masyarakat di Lampung.

Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi, SE, MA didampingi Ketua Pengurus Wilayah relawan TIK Provinsi Lampung yang juga dosen Teknik Informatika IBI Darmajaya, Muhammad Said Hasibuan, MKom menyambut baik kedatangan KIV ke Lampung khususnya dengan pendampingan dari IBI Darmajaya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan KIV ini dapat meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang pendidikan khususnya perkembangan teknologi informasi dari masing-masing negara, serta dapat lebih mengenal kebudayaan masing-masing melalui makanan khas, tarian, atau tradisi setempat," kata Andi, saat menyambut keempat mahasiswa tersebut di ruang kerjanya.

Sun Kyu Kim dari Ajou University juga merasa senang bisa berkunjung ke Lampung.

Walaupun belum pernah ke Lampung sebelumnya, namun dia dan teman-temannya mengagumi keramahan dan kebudayaan Indonesia khususnya Lampung serta perkembangan teknologi informasinya.

"Meskipun kami belum mengenal lebih dekat mahasiswa IBI Darmajaya, tapi menurut kami, pengetahuan, wawasan, dan kemampuan mereka di bidang IT sangat bagus. Selain itu, kami juga menyukai makanan di sini, seperti nasi goreng, rendang, dan nasi uduk," ujar dia. (TH*B014/Z002)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga