Kamis, 23 Oktober 2014

TKW di KJRI Jeddah ikut lomba HUT RI

| 4.328 Views
id kjri jeddah, tenaga kerja wanita
Jakarta (ANTARA News) - Para tenaga kerja wanita (TKI) yang kini ditampung di Shelter Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah turut menyambut peringatan HUT RI ke-67 dengan mengikuti beragam lomba.

Panitia HUT RI ke-67 KJRI Jeddah menghibur mereka dengan serangkaian kegiatan lomba, di antaranya Kaligrafi, cerdas cermat, dan tahfiz (hafalan) qur'an, kata siaran pers KJRI Jeddah yang diterima ANTARA di Jakarta, Ahad (14/7).

"Selain untuk memperingati HUT RI ke-67, acara semacam ini bisa dijadikan kesempatan untuk mengusir rasa jenuh bagi para ibu yang kini berada di Shelter KJRI Jedda," kata Cahyono Rustam, Kepala Kanselerai dan Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah, dalam sambutan pendeknya di hadapan sekitar 100 hadirin yang di antaranya adalah peserta.

Kegiatan lomba berlangsung tiga hari berturut dimulai dari babak penyisihan dan diikuti sebanyak 10 regu yang masing-masing berjumlah 6 orang. Puncaknya berlangsung Rabu (11/7) silam saat tiga regu finalis yang masing berjulukan Manik-Manik, Anggur Putih, dan melati.

Babak final lomba cerdas cermat ini berlangsung seru karena masing-masing regu didukung oleh suporter masing-masing. Tepuk tangan penonton bergemuruh saat regu kesayangannya berhasil menjawab dengan cepat dan cermat pertanyaan dewan juri.

Final lomba yang memperebutkan 12 macam hadiah dan bingkisan menarik dari sejumlah sponsor itu berlangsung di ruang serbaguna Kanto KJRI Jeddah.

"Ajang semacam ini selain bertujuan untuk menjajal keluasan wawasan agama ibu-ibu, juga sebagai kenangan manis saat ibu-ibu nanti meninggalkan KJRI Jeddah pulang ke tanah air," kata Budhi Laksana Hidayat, Staf Teknis/Atase Ketenagakerjaan KJRI Jeddah, dalam sambutan pembukaannya.

"Sebelum pelaksanaan lomba, kepada masing-masing regu peserta lomba, panitia memberikan lingkup materi cerdas-cermat yang akan ditanyakan dewan juri. Jadi, mereka harus kompak secara bersama-sama mengkaji dan menghafalkan materi tersebut, " ujar Muhammad Sadri, Koordinator Panitia Menyambut HUT RI ke-67 Bidang Keagaamaan.

"Senang banget, pak. Bukan cuman karena juara, tapi dapet kesempatan menambah wawasan," tutur Radiatun, TKW asal Ponorogo, dengan senyum tersipu. Ia menjadi ujung tombak regu Manik-manik yang berhasil meraih juara pertama dan dinobatkan sebagai peserta istimewa karena dinilai paling aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan lomba yang diikuti panitia HUT RI ke-67 itu.

Selain lomba cerdas cermat, para TKW yang kini ditampung di shelter KJRI Jeddah itu, mengikuti lomba tahfizul Qur'an (menghafal Al-Aqur'an) dan kaligrafi.

(E001)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga