Rabu, 3 September 2014

Vietnam puji diplomasi RI

Kamis, 26 Juli 2012 00:30 WIB | 4.140 Views
Vietnam puji diplomasi RI
Menlu Vietnam Pham Binh Minh (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh memuji upaya Indonesia dalam melobi sejumlah negara ASEAN guna mencapai posisi bersama terkait konflik Laut China Selatan.

"Menlu Vietnam menyampaikan penghargaan tinggi atas upaya Indonesia melalui `shuttle diplomacy` ke sejumlah negara ASEAN pada tanggal 18-19 Juni lalu," demikian pernyataan pers Kementerian Luar Negeri, Rabu malam.

Marty Natalegawa melakukan kunjungan ke Filipina, Kamboja, Vietnam dan Singapura setelah gagalnya pernyataan bersama Menlu ASEAN pada saat pertemuan para Menlu ASEAN di Kamboja beberapa waktu lalu.

Selain berkunjung ke empat negara tersebut, Marty juga melakukan pembicaraan melalui telepon dengan menlu negara-negara ASEAN lainnya guna mencapai posisi bersama ASEAN terkait konflik Laut China Selatan.

Sejumlah negara anggota ASEAN dan China bersitegang karena saling klaim atas sebagian wilayah Laut China Selatan.

China mengklaim seluruh wilayah laut, yang memiliki kekayaan minyak bumi dan gas alam itu, sebagai kedaulatan negaranya sejak lebih dari 2.000 tahun lalu.

Sementara itu, Vietnam merasa berhak atas kepulauan Paracel dan Spratly, yang juga secara geografis diaku kedekatannya dengan Filipina.

Dalam pertemuan SKB itu, Vietnam juga menghargai berbagai bentuk bantuan teknis dan peningkatan kapasitas yang diberikan Indonesia kepada Vietnam dalam kerja sama Selatan-Selatan. Vietnam menegaskan komitmen dukungannya bagi Keketuaan Indonesia di APEC pada tahun 2013 mendatang.

Hal itu disampaikan Menlu Pham Binh Minh saat bertemu dengan Menlu Marty Natalegawa dalam Sidang Komisi Bersama (SKB) Indonesia-Vietnam di Hanoi, Rabu.

Marty melakukan kunjungan resmi ke Hanoi selama dua hari, hingga Kamis (26/7), guna membahas mengenai sejumlah hal yang memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam.

(F013/A023)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga