Pemimpin muslim dunia bahas Suriah

Rabu, 15 Agustus 2012 05:02 WIB | 3543 Views

Berita Terkait
Makkah, Arab Saudi (ANTARA News) - Pemimpin Muslim Selasa memulai pertemuan darurat KTT Organisasi Kerja sama Islam (OKI) yang beranggotakan 57 negara dengan usul menangguhkan perang yang melanda Suriah, langkah yang ditentang keras oleh Iran.

OKI mewakili 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia dan bahwa organisasi tersebut melaksanakan pertemuan Selasa malam di Mekah, kota Islam paling suci, adalah sangat penting - karena 26 bulan suci Ramadan adalah malam ketika Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad, menurut tradisi Islam.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Raja Saudi Abdullah dan diselenggarakan di istana kerajaan Al-Safa di Mekah.

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad, yang negaranya telah secara terbuka mengritik dorongan untuk menyekores keanggotaan Suriah di OKI, menghadiri pertemuan luar biasa.

Kerajaan Saudi mengusulkan penangguhan Suriah dan mendorong untuk memobilisasi dukungan kepada para pemberontak.

Ketegangan telah mendidih selama berbulan-bulan antara Sunni yang mendominasi Arab Saudi dan Syiah yang mendominasi Iran, karena keduanya lama bersaing di kawasan dan bersikap berlawanan pada pemberontakan di Suriah, yang menduduki puncak agenda pertemuan puncak.

Iran adalah sekutu regional terbesar rezim Suriah dan telah berjanji penuh untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad yang diperangi, dalam perjuangannya untuk tetap berada di kekuasaan, meskipun menyangkal memberinya dengan tentara atau senjata.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

AS: ada indikasi penggunaan senjata kimia di Suriah

AS: ada indikasi penggunaan senjata kimia di SuriahAmerika Serikat, Senin, mengatakan ada indikasi terjadinya serangan senjata kimia di Suriah bulan ini, yang mungkin ...

Pasukan Prancis kawal muslim Republik Afrika Tengah

Pasukan Prancis kawal muslim Republik Afrika TengahPasukan penjaga perdamaian Prancis yang bertugas di Republik Afrika Tengah mengawal konvoi ratusan Muslim yang menjauh ...

Malaysia akan bentuk tim intenasional selidiki insiden MH370

Malaysia akan bentuk tim intenasional selidiki insiden MH370Satu tim investigasi internasional telah disetujui akan dibentuk oleh kabinet Malaysia Rabu untuk menyelidiki insiden ...