Jumat, 19 September 2014

Api Paralimpiade dinyalakan di tempat tertingi UK

Kamis, 16 Agustus 2012 15:47 WIB | 1.546 Views
London (ANTARA News) - Satu pekan sebelum penyelenggaraan Paralimpiade 2012, tepatnya pada Rabu pekan depan, empat api Paralimpiade akan dinyalakan di empat puncak tertinggi di empat negara United Kingdom, seperti dikutip dari situs resmi www.london2012.com.

Beberapa kelompok Pramuka yang berkebutuhan khusus dan tidak akan menaiki keempat puncak tertinggi tersebut, yakni Scafell Pike (Inggris), Snowdown/Yr Wyddfa (Wales), Ben Nevis (Skotlandia), dan Slieve Donard (Irlandia Selatan). Di keempat puncak tersebut mereka akan menggunakan teknik tradisional, menggesek-gesekkan batu untuk menciptakan api.

Ketua LOCOG Sebastian Coe berkata, "Dengan menyalakan keempat api melalui usaha keras di empat tempat tertinggi di UK, kami akan memastikan semangat dari keempat negara tuan rumah bisa terwakili pada Paralimpiade."

Keempat api ini kemudian akan dikirim ke ibukota empat negara di mana api-api tersebut akan menjadi fokus selebrasi penyelenggaraan Paralimpiade.

Pada Selasa (28/8), keempat api akan disatukan di Stoke Mandeville, rumah spiritual gerakan Paralimpiade, untuk membuat Api Paralimpiade 2012 London. Dan pada pukul 20.00 waktu setempat, Api Paralimpiade akan menyala selama 24 jam, dibawa estafet oleh lima tim pembawa obor menuju Olympic Stadium di Stratford.

Para tim pembawa obor merupakan orang-orang terpilih yang telah melalui hasil seleksi dari nominasi publik yang dilakukan BT, Llyods TSB dan Sainsbury, juga Asosiasi Paralimpiade Inggris. Mereka juga terpilih karena dinilai mampu membawa dan merepresentasikan nilai-nilai Paralimpiade.

Kelima tim tersebut terdiri atas lima anggota tim kriket tuna netra Inggris, lima guru PE dari Sekolah Yayasan Davenant yang dinominasikan karena dedikasi mereka mengajarkan olahraga Paralimpiade, dan Argyle Bird, atlet muda berkebutuhan khusus berusia 13 tahun asal Hull.

Estafet obor Paralimpiade ini akan melewati sejumlah komunitas di Buckinghamshire dan Hertfordshire. Setelah itu obor akan melewati enam wilayah dan beberapa bangunan bersejarah London.
(feb)

Penerjemah: Febriany Dian Aritya Putri

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca